Hip Hop 4 Nation (Akala & Jogja Hip Hop Foundation)

Tur Hip Hop 4 Nation bersama Akala (London, UK) yang diinisiasi oleh British Council Indonesia telah selesai. Tur ini dimulai pada bulan Maret 2012 di Yogyakarta dan berakhir pada tanggal 28 Juni 2012 di Bandung.
Kingsley James Deeley atau lebih dikenal dengan nama Akala, adalah musisi hip hop yang besar di London. Akala mulai terkenal ketika memperoleh penghargaan di MOBO Award, penghargaan bergengsi utk black music diUK, pada tahun 2009. Keunikannya ada di penggunaan literatur Shakespeare dalam liriknya.
Berangkat dari tema Seminar Bahasa Internasional yaitu “Bahasa sebagai Identitas”, muncul lah ide untuk membangun kolaborasi antara kedua musisi. Setelah melewati beberapa proses perkenalan budaya dan diskusi, akhirnya tercipta dua buah lagu; Song of Sabtama dan Culture’s Rhyming Noise. Lagu Song of Sabdatama sendiri pertama kali ditampilkan secara live pada tanggal 24 Juni 2012 di panggung Hip Hop 4 Nation, Jogja National Museum.
Link photo event di Jogja dan di Bandung.
Dalam rangkaian tur dan lokaborasi ini, Akala dan Jogja Hip Hop Foundation menuju Bandung untuk hadir di Seminar Bahasa Internasional pada tanggal 26 Juni 2012, yang diselenggarakan oleh British Council Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan University of Leeds UK. Di seminar ini lah lagu Song of Sabdatama dirilis secara resmi. Terima kasih, British Council Indonesia & Akala untuk pengalaman dan perjalanan yang luar biasa!
“Mengkonservasikan 1 bahasa sebenarnya tugas pemerintah tapi kami senang melakukannya & senang berbagi. Sharing is power.”
“Hip Hop is a global language, message in hip hop that translate everywhere is democrate. Everyone around the world is facing the same issue. Global language is not dictated by any one language or one person.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar